Senin, 29 April 2019

Macam-Macam Software Simulasi dan Manajemen Jaringan

Macam-Macam Software Simulasi dan Manajemen Jaringan


SOFTWARE SIMULASI JARINGAN


Software simulator biasanya digunakan untuk mempelajari jaringan dengan menggunakan simulasi hardware jaringan. Software simulator menyediakan berbagai macam tools yang mudah digunakan dan memiliki berbagai konfigurasi yang hampir sama dengan hardware aslinya.

Dengan adanya software ini orang akan mudah belajar mengenai jaringan tanpa menggunakan alat jaringan sehingga software ini dapat meminimalkan biaya dan keterbatasan peralatan jaringan. Ada berbagai macam jenis software simulator jaringan antara lain :

a). Packet Tracer

Packet Tracer
Source Pic : Wikipedia

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer.

Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy.


Software berbasi GUI banyak digunakan oleh user karena software ini cukup ringan di komputer selain itu tools yang disediakan juga cukup lengkap seperti PC, Hub, Switch, Kabel, Access point, Server, Modem dan lain-lain.

Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.


b). GNS3 (Graphic Network Simulator)

GNS3 (Graphic Network Simulator)
Source Pic : Wikipedia

Graphical Network Simulator-3 (disingkat menjadi GNS3 ) adalah emulator perangkat lunak jaringan yang pertama kali dirilis pada tahun 2008, yang memungkinkan kombinasi perangkat virtual dan nyata,

GNS3 memiliki fungsi yang lebih kompleks dan simulasi yang lebih nyata dibandingkan dengan Cisco Packet Tracer misalnya jika kita ingin melakukan simulasi jaringan menggunakan perangkat Cisco, maka kita membutuhkan operasi asli dari perangkan cisco yang akan kita ingin simulasikan.

GNS3 juga bisa digunakan untuk melakukan simulasi multi vendor, seprti Cisco, Juniper, MikroTik, dan bisa diintergrasikan dengan beberapa software Virtualisasi seperti Virtualbox dan Vmware sehingga kita bisa melakukan simulasi secara real server dalam jaringan. Simulasi jaringan yang dibuat menggunakan GNS3 juga dapat dikoneksikan langsung ke jaringan Nyata.


c). Virtualbox

 Virtualbox
Source Pic : Wikipedia

Oracle VM VirtualBox adalah salah satu software virtualisasi yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama.

Dengan kemampuan virtual yang dimiliki tersebut maka kita dapat mengeksekusi berbagai macam software baik itu sistem operasi, software dengan platform tertentu maupun software simulasi jaringan tanpa menggunakan peralatan network.

Untuk penggunaan jaringan komputer virtualbox menyediakan fasilitas untuk setting interface/adapter jaringan seperti NAT, Bridge, Internal Network yang memungkinkan komunikasi antar device/host.



SOFTWARE MANAJEMEN JARINGAN


Software manajemen digunakan untuk melakukan pemantau jaringan bahkan bisa digunakan untuk mengatur dan mengontrol jaringan melalui sebuah aplikasi yang terinstall dalam komputer maupun smartphone.

Dengan adanya software tersebut, akan mempercepat proses penanganan masalah jika terjadi beberapa kerusakan dalam jaringan. Penggunaanya juga sangat fleksibel, selama komputer atau smartphone terkoneksi dengan satu jaringan yang sama maka kita dapat mengontrol melalui software yang terinstall dalam komputer/ smartphone tersebut.

Bahkan kita dapat memantau dan melihat aktivitas yang ada pada komputer yang terkoneksi dengan jaringan tersebut. Ada berbagai macam software manajemen jaringan antara lain :


a). Microsoft Network Monitor

Microsoft Network Monitor
Source Pic : pcworld.com

Microsoft Network Monitor merupakan software protocol analyzer yang dibuat oleh Microsoft yang berfungsi untuk melakukan penyaringan dan analisa jaringan.

Software ini mampu mengetahui traffic lalu lintas data yang sedang berjalan melalui jaringan komputer baik itu data yang dikirm, diterima maupun dari file data yang diambil sebelumnya sehingga dapat dilakukan analisa.

Software microsoft netwok monitor juga mampu melakukan scanning kegiatan yang terjadi pada jaringan local baik yang melalui kabel maupn wireless. Pada jaringan wireless buka hanya nama SSID yang bisa discanning tapi kecepatan, bandwidth bahkan proses pengiriman dan penerima data di dalam SSID juga dapat dimonitoring..


b). Network Mapper

Network Mapper
Source Pic : nmap.org

Network Mapper (Nmap) merupakan software open source yang dibuat oleh Gordon Lyon yang digunakan untuk pemetaan jaringan.

Software ini awalnya hanya berjalan di sistem operasi Linux namun dalam perkembanganya mampu berjalan diberbagai sistem operasi seperti WIndows, Linux , Mac OS X, Solaris, BSD dan juga Amigos OS.

Nmap memiliki paket IP raw yang mampu melakukan scan seperti melihat host yang aktif, port yang terbuka, Sistem Operasi yang digunakan, aplikasi service, status konektivitas dan lain-lain.

Administrator jaringan sering menggunakan Nmap untuk audit keamanan, inventori jaringan, mengelolah jadwal upgrade layanan, dan melakukan monitoring uptime host atau layanan.


c). Advanced IP Scanner

Advanced IP Scanner
Source Pic : www.advanced-ip-scanner.com

Advanced IP Scanner merupakan software pemindai jaringan yang mampu melakukan pemetakan semua komputer yang terhubung ke jaringan kabel maupun wireless.

Pemindaian dilakukan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik, pemetaan dilakukan untuk mencari port yang terbuka sehingga memungkinkan untuk melakukan akses sumber daya jaringan seperti FTP, HTTP, HTTPS.

Software ini juga memiliki fitur Remote Shutdown yang berfungsi untuk mematikan komputer yang menggunakan sistem operasi windows, bahkan mampu menghidupkan komputer kembali dari jarak jauh dengan catatan komputer tersebut mendukung fungsi Wake On LAN.


d). Winbox

Source Pic : wiki.mikrotik.com

Winbox adalah Software berbasi GUI yang digunakna untuk melakukan koneksi dan konfigurasi pada MikroTik RouterOS. Cara menggunakanya bisa melalui perintah-perintah command line Mikrotik ataupun menggunakan tools yang disediakan oleh winbox.

Fitur yang ada di software ini akan menyesuaikan dengan tipe routerboard mikrotik, jika ada fitur yang belum ada di winbox maka otomatis akan melakukan download plugins. Winbox merupakan aplikasi yang berbasis windows, namun kita dapat menjalankannya pada sistem operasi Linux dan Mac OS dengan menggunakan tambahan aplikasi Wine.

Aplikasi ini memiliki fitur Neighbor Discovery ayng digunakan untuk mendeteksi semua mikrotik yang terhubung dengan jaringan sehingga akan mempermudah untuk melakukan remote mikrotik mana yang kita inginkan. Selain itu winbox juga memiliki beberapa fitur utama antara lain : safe mode, add/set managed, export dan import, RoMon, dan lain-lain.



SOAL


  1. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah Instalasi pada software simulator jaringan dan software manajemen jaringan ?
  2. Jelaskan cara menggunakan sistem operasi mikrotik yang diinstal pada windows melalui aplikasi VirtualBox
  3. Sebutkan dan jelaskan kelebihan dan kekurangan yang ada pada beebrapa software manajemen jaringan


JAWABAN


Akan segera diberitahu